semua hal tentang air alkali

Air dan Manusia


Pentingnya air bagi kesehatan manusia

Sejak diketahui bahwa sebagian besar (60-80%) tubuh manusia terdiri dari air, para pakar kedokteran semakin menyadari pentingnya konsumsi cairan yang kuat setiap harinya untuk kesehatan tubuh manusia.

Salah satunya adalah Dr. Fereydoon Batmanghelidj, penulis buku “Your Body’s Many Cries for Water ” yang telah diterjemahkan ke-15 bahasa dan terjual lebih dari satu juta kopi.

“Saya telah meneliti mengenai dehidrasi selama 20 tahun terakhir. Dehidrasi, disengaja atau tidak, menyebabkan stress, nyeri kronis, dan banyak penyakit degeneratif.”

Pesannya pada dunia,

“Anda tidak sakit, Anda hanya kehausan. Jangan obati rasa haus dengan obat-obatan.”

Hal senada diiyakan oleh Dr. Dave Carpenter, seorang praktisi kesehatan di Amerika Serikat. Di kliniknya di Idaho, Dr. Carpenter meresepkan lebih dari 1000 liter air alkali setiap harinya untuk pasien-pasiennya yang datang dengan berbagai penyakit.

Di halaman 9 dari bukunya “Change Your Water Change Your Life” dikemukakan tentang berbagai keluhan yang bisa timbul bila seseorang tidak minum cairan dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

Keluhan mulai mudah lelah, kolesterol dan tekanan darah tinggi, gangguan kulit, gangguan saluran nafas, konstipasi dan berbagai gangguan saluran cerna lainnya, keluhan rematik dan gangguan sendi, gangguan liver dan ginjal, penuaan dini dan berbagai keluhan lain dapat timbul hanya karena konsumsi cairan yang tidak kuat.

Metode Bioelectrical Impedance Analysis yang ditemukan pada pertengahan 1980-an, mengungkap bahwa 60-70% komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Pada bayi yang baru lahir, komposisinya bisa mencapai lebih dari 80%.

Bahkan sekitar 90% sel tubuh manusia terdiri dari air. Maha benar firman-Nya dalam Qur’an

“Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air, lalu dia jadikan manusia itu (memiliki) keturunan dan hubungan keluarga dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa. – Al-Furqon 25: 54,”

Banyak minum air mineral biasa, apakah cukup?

Walaupun kurang minum air dapat menimbulkan berbagai penyakit, para ilmuwan juga mengamati bahwa orang-orang yang minum cairan dalam jumlah yang cukup setiap harinya, ternyata tetap menderita berbagai penyakit berat seiring bertambahnya usia.

Melihat kenyataan yang seperti bertolak belakang dengan fakta ilmiah tentang pentingnya cairan bagi kesehatan itu, para ahli menyadari bahwa air yang biasa kita minum tidaklah cukup.

Mereka berupaya mencari air yang lebih baik, air yang sifatnya khusus, yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi upaya umat manusia untuk menjadi lebih sehat.

Terinspirasi pesan pembuka Captain Jean-Luc Picard di film seri Star Trex yang tayang di tahun 1990-an, para ilmuwan dunia berprinsip.

“Water: the final elements. These are the scientists of the planet Earth. Its continuing mission: to explore strange new water, to seek out new healing and new miracle water, to boldly discover where no researcher has investigate before.”

Apa itu air alkali?

skala phAir alkali adalah air yang memiliki ph di atas 7 dan biasa di sebut dengan basa. Berdasarkan bagan pH chart, warna air alkali mulai dari hijau kebiruan sampai warna ungu gelap.

Perlu di ketahui air minum alkali memiliki pH antara 8 sampai 9.5 sedangkan air keran yang dimasak atau air galon isi ulang rata-rata memiliki pH 6 sampai 7.3
Sebelum mengenal lebih jauh tentang air alkali, kita ketahui dulu bagaimana sejarah dari air alkali.

Sejarah air alkali


Air alkali (alkaline water) pertama kali diteliti secara ilmiah sekitar tahun 1931 di Jepang. Setelah para ilmuwannya mengamati dan mempelajari manfaat kesehatan yang dimiliki oleh air-air alami yang ada di berbagai belahan dunia.

Selama ribuan tahun jutaan orang minum berbagai air tersebut, dan ribuan penyakit lewat jutaan testimoni terbukti mengalami perbaikan yang bermakna.

Masyarakat dunia menganggapnya sebagai air suci atau bahkan air ajaib, mulai dari Air Zam-Zam di Mekah, air Hita Tenryosui di Jepang, air Nordenau di Jerman, air Lourdes di Perancis, air Hunza di Himalaya, air Tiacote di Meksiko, dan banyak tempat lainnya.

pengambilan air zamzam
Proses pengambilan air zamzam dimasa lalu

Ternyata, di manapun air-air alami itu keluar dari mata airnya, mereka memiliki karakteristik yang sama, yaitu pH-nya (kadar keasaman) lebih tinggi dari air yang biasa kita minum yaitu berkisar antara 8 s/d 10. Perlu diketahui bahwa air yang biasa kita minum, memiliki pH yang netral, yaitu 7, dari skala 0 (paling asam) dan 14 (paling basa).

Penulis best-seller internasional, pengarang buku “AIDS dan Ebola”, Dr. Leonard Horowitz menulis di salah satu bukunya.

“Berbagai studi internasional menunjukkan bahwa banyak populasi yang sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki riwayat penyakit (berat), seperti kanker, mengkonsumsi air dari mata air khusus.

Setelah semua faktor risiko dievaluasi dan disingkirkan, terbukti bahwa hal ini disebabkan karena semua penduduknya minum cairan dari mata air khusus tadi, yang ternyata memiliki pH antara 9 sampai 10.”

Studi ilmiah tentang pH dari air Zam-Zam diungkap pada banyak penelitian yang bisa dengan mudah diakses di PubMed, referensi utama para dokter di seluruh dunia.

Misalnya penelitian yang berjudul: “Water quality of bottled water in the kingdom of Saudi Arabia: A comparative study with Riyadh municipal and Zamzam water.” (Alfadul SM et al, Environ Sci Health A Tox Hazard Subst Environ Eng. 2011) dan,

“Zamzam water: concentration of trace elements and other characteristics.” (Shomar B et al, Journal Chemospher, 2012). Di penelitian terakhir misalnya, dikatakan: “The water is alkaline (average pH is 8) with an average Li concentration of 15 μg L.”

Karena itulah air-air alami tersebut dinamakan juga AIR ALKALI, dan digolongkan ke dalam FUNCTIONAL WATER (karena memiliki berbagai fungsi dan manfaat tambahan di bidang kesehatan).

Bagaimana air alkali bermanfaat bagi kesehatan?
Dr. Ben Johnson, yang dikenal dengan DVD best-seller nya, “The Secret” menjelaskan tentang manfaat air alkali bagi kesehatan manusia:

dr brn johnson

Air alkali mungkin merupakan penemuan paling bermakna dalam kehidupan kita. Air ini merubah semua sistem (tubuh) secara fisiologis dan menyebabkan sistem enzim tubuh bekerja dengan lebih baik.

Kadarnya yang lebih basa menyebabkan lebih banyak oksigen yang mencapai jaringan. Karena tubuh kita hampir 70%-nya air, mengubah tingkat alkalinitas dari cairan tubuh merupakan suatu pencapaian yang luar biasa.

Begitu pH cairan tubuh berubah, hal ini mempengaruhi pH darah. Dengan pH darah menjadi lebih basa, oksigen dapat ditransportasikan dengan lebih baik oleh sel-sel darah ke jaringan tubuh.

Siapa yang sebaiknya minum air alkali yang kaya antioksidan? Jawabannya adalah semua orang, mulai dari anak-anak hingga para lansia.”

Selain karena pH-nya yang lebih tinggi, banyak manfaat kesehatan dari air alkali dihubungkan dengan kadar antioksidannya yang melimpah. Antioksidan sangat penting peranannya dalam menetralisir berbagai radikal bebas yang setiap harinya masuk ke dalam tubuh kita dan keluarga tercinta.

Karena itulah, air Zam-Zam dan air-air alami lainnya disebut juga sebagai NATURAL REDUCED WATER, karena ketika keluar dari mata airnya telah tereduksi secara alami sehingga kaya akan antioksidan.

Tentang hal ini, pakar teknologi terkemuka, Ray Kurzwell, penerima penghargaan teknologi tertinggi National Medal of Technology dari para presiden AS mengatakan:

“Ada lebih banyak manfaat dari air alkali dari hanya sekedar membasakan cairan tubuh. Hal terpenting yang dimiliki air alkali adalah Potensial Oksidasi Reduksi (ORP) yang tinggi, yang memiliki kemampuan menetralisir radikal bebas.

Mengkonsumsi air yang tepat sangat vital dalam proses detoksifikasi produk asam tubuh dan merupakan salah satu terapi kesehatan yang paling efektif.

Minum 8-10 gelas air alkali per hari merupakan cara paling sederhana namun sangat bermakna untuk memerangi berbagai proses penyakit.”

Bila kita renungkan lebih mendalam, apakah sebenarnya tujuan Allah SWT menciptakan berbagai air ajaib di seluruh dunia itu memiliki sifat yang sedikit lebih alkali dan banyak mengandung antioksidan? Apakah semua ini hanya kebetulan belaka?

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata),

“Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”
(QS. Ali-Imran 3: 190-191)

Penggunaan air alkali untuk kesehatan masyarakat
Dalam journal Trends in Food and Science Technology, salah satu jurnal paling berpengaruh di bidangnya (peringkat kedua dari 118 jurnal di bidang Teknologi Makanan) dikatakan,

“In Japan, research on functional water, especially on reduced water, is developing at a rapid pace. Reduced water such as electrochemically reduced water and natural reduced water can scavenge reactive oxygen species in cultured cells. It has been suggested that the active agents in reduced water are hydrogen (atoms and molecules), mineral nanoparticles, and mineral nanoparticle hydrides.”

“Di Jepang, riset mengenai air fungsional, terutama Reduced Water, berkembang dengan pesat. Reduced Water, baik yang diperoleh secara elektrokimia maupun alami dapat menangkap senyawa oksigen reaktif (radikal bebas) pada kultur sel percobaan.

Diperkirakan agen aktif dalam reduced water ini adalah hidrogen (atom dan molekul), nanopartikel mineral, dan hibrid nanopartikel mineral.”

Tahun 1966 menjadi tahun penting dalam perkembangan air alkali, setelah mesin elektrolisis yang didesain oleh para ilmuwan mendapat persetujuan dari Departemen Kesehatan Jepang untuk digunakan di rumah-rumah seluruh masyarakatnya.

Mesin ini mampu mengubah air yang biasa kita minum, menjadi memiliki sifat-sifat seperti air zam-zam: pH-nya lebih tinggi dan kaya ion hidrogen yang salah satu fungsinya adalah sebagai antioksidan.

Karena itulah air yang diproduksi mesin elektrolisis ini dinamakan juga ELECTROLYZED REDUCED WATER (ERW) atau HYDROGEN RICH WATER (HRW). Beberapa tahun setelahnya, Departemen Kesehatan Korea Selatan juga mengizinkan penggunaan mesin tersebut oleh seluruh penduduknya.

Tentang hal ini, Dr. David S. Dyer, penulis buku “The Cell Food” mengatakan,

“Air alkali yang direstrukturisasi mungkin merupakan elemen dan suplemen terbaik yang bisa Anda berikan bagi tubuh Anda.

Orang-orang Jepang telah mengkonsumsi dan meneliti cairan ini lebih dari 40 tahun, dan membuktikan bahwa air alkali dapat memulihkan hampir semua penyakit dan kelainan yang bisa Anda bayangkan. Selama 6 tahun saya menggunakannya (untuk pasien-pasien saya), saya juga menemukan hal yang sama.”

Air alkali di berbagai negara


Penggunaan air alkali di Jepang

Hingga tahun 1992, air alkali baru disetujui oleh Departemen Kesehatan Jepang untuk berbagai penyakit saluran cerna.

Dari situs Association of Alkaline Ionized Water Apparatus:
“Beneficial effects for which they were approved as medical devices under the Pharmaceutical Affairs Law are as follows:

  1. Anode water (alkaline ionized water):
    – Drinking is effective against chronic diarrhea, indigestion, abnormal stomach or intestine fermentation, acid control, and acid indigestion (Konsumsinya efektif mengatasi diare kronis, gangguan pencernaan, fermentasi lambung dan usus yang abnormal, antasida, dan gangguan asam lambung).”
  2. Cathode water (acidic water):
    – Can be used as a weakly acidic astringent for beauty purposes (Dapat digunakan sebagai penyegar asam lemah untuk manfaat kecantikan).”

(Dari The Bulletin of the Monitoring and Guidance Dept. of the Ministry of Health and Welfare, Pharmaceutical Monitoring Vol. 57, issued on October 19, 1992)

Tapi sejak Pemerintah Jepang mendorong terbentuknya Functional Water Foundation di tahun 1994 dan Japanese Society of Functional Water di tahun 2001, ratusan penelitian mengenai manfaat air alkali pada penyakit selain kelainan saluran cerna terus berkembang dengan pesat di Jepang maupun berbagai di belahan dunia lain .

Sampai saat ini, tercatat lebih dari 500 penelitian dan artikel ilmiah di berbagai jurnal terkemuka di dunia kedokteran yang meneliti tentang manfaat air alkali ini pada lebih dari 150 penyakit pada manusia (bisa dipelajari di www.molecularhydrogenfoundation.org atau langsung mencarinya di situs PubMed dengan kata kunci alkaline water, electrolyzed reduced water, atau hydrogen rich water).

Prevention is better than cure. 
Care is an absolute, prevention is the ideal

Para ilmuwan Jepang berhasil membuktikan dengan standar penelitian ilmiah yang tinggi, bahwa ternyata air alkali bukan hanya bermanfaat untuk pengobatan, namun dapat digunakan juga untuk pencegahan berbagai penyakit berat.

Di Jurnal Trends in Food & Science Technology dikatakan, “Reduced waters are expected to have PREVENTIVE and POSITIVE effects on oxidative stress-related diseases such as diabetes, cancer, arteriosclerosis, neurodegenerative diseases, and side effects of hemodialysis.”

(“Reduced waters dianggap memiliki efek PENCEGAHAN dan PENGOBATAN terhadap berbagai penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif seperti diabetes, kanker, arteriosklerosis, penyakit neurodegeneratif, dan efek samping dari hemodialisis.”)

Sejak tahun 1966, mesin air alkali, yang usianya bisa mencapai 20-25 tahun ini, terjual ratusan ribu unit setiap tahunnya. Menurut laporan resmi Association of Alkaline Ionized Water Apparatus, dari data tahun 1989 s/d 2007 terjual antara 120 ribu hingga lebih 1 juta mesin per tahunnya di seluruh Jepang, dengan rata-rata 300 ribu mesin setiap tahun.

“Currently there are more than 18 manufacturers who have entered the alkaline ionized water apparatus business. According to the Statistical Survey on Trends in Pharmaceutical Production (from the Health Policy Bureau of the Ministry of Health and Welfare), there are reports that in recent years the total quantity of shipments in the entire industry reached about 300,000 annually, and further expansion of the market is expected.”

“Saat ini terdapat lebih dari 18 produsen yang memasuki pasar bisnis mesin air alkali terionisasi. Menurut Survey Statistik Pola/Tren Produksi Farmasi (dari Biro Kebijakan Kesehatan Depkes Jepang), dilaporkan bahwa pada beberapa tahun terakhir penjualan mesin mencapai lebih dari 300 ribu unit per tahunnya, dan diperkirakan pasarnya akan terus meningkat.”

(Reference: Production Quantity of Medical Substance Generators “Alkaline Ionized Water Apparatus”, 1989 – 2007)

Bila dirata-ratakan sejak tahun 1966, mesin yang produksi air per harinya bisa mencukupi keperluan hingga 40 keluarga ini telah terjual lebih dari 15 juta unit selama 50 tahun terakhir, yang bila dikalkulasi cukup untuk memenuhi kebutuhan hampir seluruh 120 juta penduduk Jepang.

Mungkin hal ini jugalah yang menjadi salah satu faktor penting mengapa sejak tahun 1990-an, walaupun banyak didera bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami dari tahun ke tahun, Jepang memiliki penduduk yang paling sehat dan paling panjang umur di seluruh dunia.

Angka harapan hidupnya mencapai 83,7 tahun di tahun 2016 (Life Expectancy and Health Adjusted Life Expectancy, WHO Report 2015). Bandingkan misalnya dengan penduduk Indonesia yang angka harapan hidupnya hanya mencapai 69,1 tahun, dan terpuruk di peringkat 120 dunia.

Penggunaan air alkali di Amerika


Walaupun baru 14 tahun digunakan masyarakat Amerika Serikat sejak masuk pertama kali di tahun 2003, perubahan yang sangat signifikan telah diamati oleh para penyedia pelayanan kesehatan di sana.

Di situs resmi American Family Physician (AFP), yang merupakan jurnal ilmiah dua mingguan dari American Academy of Family Physician (AAFP), air alkali telah diakui secara resmi sebagai bagian dari terapi di dunia kedokteran.

Pada panduan di tahun 2011 mengenai “Treatment & Prevention of Kidney Stones: An Update”, di sana tertulis, “For prevention of calcium oxalate, cystine, and uric acid stones, urine should be alkalinized by eating a diet high in fruits and vegetables, taking supplemental or prescription citrate, or drinking alkaline mineral waters.”

“Untuk pencegahan batu kalsium oksalat, batu sistine, dan batu asam urat [yang meliputi hampir 90% dari seluruh jenis batu ginjal], air kencing harus dialkalinisasi dengan cara banyak makan sayuran dan buah-buahan, mengkonsumsi suplemen sitrat, atau minum air mineral alkali.”

(Silakan klik ke link: http://www.aafp.org/afp/2011/1201/p1234.html)

AAFP merupakan salah satu organisasi kedokteran terbesar di Amerika Serikat, telah berdiri sejak tahun 1947, dan beranggotakan lebih dari 100 ribu dokter. Pengakuan secara resmi akan manfaat air alkali oleh organisasi ini merupakan hal yang sangat penting dan besar maknanya.

Selain itu, banyak sekali para pakar kesehatan terkemuka, para penulis buku-buku best-seller di Amerika, yang merekomendasikan dan menggunakan langsung air alkali dalam pengelolaan pasien-pasien mereka selama bertahun-tahun.

Dokter kepresidenan Amerika Serikat, seorang internist-kardiologis terkemuka, Dr. Gerald Bresnahan mengatakan,

“Dengan minum air alkali, kita dapat membuat tubuh kita menjadi lebih basa dengan sangat mudah, dan ratusan ribu pasien telah mengalami hasil yang luar biasa. Air alkali telah merevolusi kesehatan, vitalitas, dan kebugaran dari penduduk di Amerika.

Hal ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa bagi semua orang dan akan mengubah kehidupan jutaan jiwa.”

Air alkali di Indonesia

tren air alkali
Tren pencarian kata kunci air alkali dari tahun 2004 sampai 2017

Beberapa tahun belakangan, tren air alkali di Indonesia sedang dalam peningkatan. Terbukti dari banyaknya produk air alkali yang beredar di pasaran.

Banyak yang meyakini air ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Namun ada juga sebagian masyarakat yang menyangsikan tentang manfaat air ini.

Manfaat air alkali


 

Air alkali memiliki banyak manfaat, salah satu diantar manfaat tersebut adalah membantu tubuh mengurangi sampah asam sehingga menjadikan ph di lingkungan dalam tubuh menjadi lebih normal.

Gaya hidup asam seperti merokok, minum-minuman yang asam (soda, teh, kopi dan lainnya) serta makan makanan asam seperti nasi. Dan air alkalimenjadi jawaban dimana pada saat ini gaya hidup asam sudah di adopsi oleh kebanyakan orang di dunia.

Dan apabila sampah asam yang ada di dalam tubuh berkurang, hal ini menjadikan tubuh lebih sehat karena virus akan hidup dan aktif berkembang di lingkungan yang basa.

Begitu juga sel kanker, aktif berkembang di lingkungan tubuh yang asam. Hal ini sejalan dengan penelitian dari Dr.Otto Heinrich megenai asal mula penyebab kanker.

Manfaat air alkali untuk orang sakit
Manfaat air alkali untuk pasien dengan berbagai penyakit kronis sangatlah banyak, terutama untuk meningkatkan kualitas hidup, sense of well being, dan meningkatkan efektivitas metabolisme energi.

Air alkali banyak sekali diteliti dan digunakan untuk meningkatkan performa para atlet profesional di Jepang dan banyak negara lainnya.

Khusus untuk para pasien penyakit kronis, walaupun tidak dapat menyembuhkan penyakitnya, konsumsi air alkali secara teratur dapat menurunkan jumlah obat-obatan yang harus dikonsumsi setiap harinya secara signifikan.

Pada penderita diabetes misalnya, pasien nantinya memiliki pilihan apakah akan minum obat gula dan suntik insulin seumur hidup, atau minum air (alkali) setiap hari seumur hidup. Pilihan yang tidak terlalu sulit sebenarnya.

Dr. David S. Dyer, penulis Cell Food tadi menulis,

“Cairan alkali sangat lembut, lebih segar, menghidrasi, memberi energi, mudah diserap, dan mengandung antioksidan yang kuat. Bukankan cairan seperti ini yang seharusnya Anda minum?”

Tentang mengurangi konsumsi obat-obatan, seorang pakar kesehatan Amerika, penulis buku-buku best-seller Dr. Don Colbert mengungkapkan pengalamannya,

“Tidak terhitung jumlahnya pasien saya yang menderita nyeri kronis akibat penyakit pengapuran sendi (osteoarthritis), dan mendapat berbagai obat-obatan.

Banyak sekali dari mereka yang bebas dari nyeri dalam beberapa bulan setelah meningkatkan pH urine (air kencing) mereka ke nilai 7.0 sampai 7.5 dengan mengkonsumsi air alkali dan makanan alkali dalam jumlah yang cukup. Akhirnya, banyak dari mereka yang tidak lagi menggunakan obat-obatan.”

Dengan berkurangnya konsumsi obat-obatan dan kunjungan ke dokter, konsumsi air alkali secara teratur dapat memangkas biaya kesehatan tahunan hingga 90%.

Seorang chiropraktor terkemuka, Dr. Daniel Bettiol mengungkapkan,

“Amerika telah mengabaikan penyembuhan luar biasa yang dialami penduduk Korea dan Jepang dengan air alkali terionisasi. Bila visi dari Bill Gates adalah harus ada komputer di tiap rumah, maka menjadi misi hidup saya untuk menghadirkan mesin air alkali di semua rumah di seluruh dunia.

Tidak hanya hal ini akan menghilangkan obesitas, nyeri kronis, serta kebutuhan terhadap pengobatan, pembedahan, dan radiasi yang sia-sia, cara ini saja dapat memangkas biaya kesehatan tahunan Amerika sebesar 1,5 triliun dolar sampai 90% nya.

Saya lebih suka orang menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga mereka, dengan hobi dan pekerjaan yang mereka sukai, dibandingkan harus duduk berjam-jam di ruang praktik dokter menunggu pemeriksaan yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.”

Manfaat air alkali untuk orang sehat

Walaupun memang sangat bermanfaat untuk orang sakit, kegunaan air alkali untuk orang yang sehat lebih luas sifatnya dan jauh lebih strategis jangkauannya.

Orang sehat di sini maksudnya terutama adalah orang dewasa sehat yang memiliki risiko tinggi menderita penyakit berat di kemudian hari. Misalnya orang dewasa yang:

  • Memiliki orang tua atau keluarga dekat yang menderita diabetes, hipertensi, atau kanker,
  • Memiliki kriteria sindroma metabolik (Indeks massa tubuh dan lingkar pinggang di atas normal, pra-diabetes, pra-hipertensi, dislipidemia/kolesterol tinggi, dan resistensi insulin),
  • Berolahraga kurang dari 150 menit per minggu,
  • Diet kurang disiplin (tinggi garam, tinggi lemak, tinggi karbohidrat kompleks, kurang sayuran dan buah-buahan)
  • Terpapar radikal bebas setiap hari tapi tidak teratur mengkonsumsi antioksidan dsb-dst.

Manfaat jangka pendek dari air alkali bagi orang sehat adalah pada metabolisme energinya, yang menjadi jauh lebih efektif dan efisien.

Tentang hal ini, motivator nomor satu dunia, Anthony Robbins, yang tarifnya mencapai Rp 1 milyar per sesi ini, pernah mengatakan:

“Jadikan tubuh anda lebih basa dan jalani hidup yang lebih sehat, lebih berenergi, dan pastinya hidup yang lebih bermakna. Keseimbangan asam-basa tubuh merupakan penentu paling dasar dari kesehatan fisik kita. 

Bila Anda bisa mengubah pola diet lama Anda, maka Anda akan menemukan diri Anda yang sebenarnya, dipenuhi vitalitas dan energi yang Anda inginkan dan yang layak Anda peroleh.”

Tapi yang jauh lebih penting adalah manfaat jangka panjangnya. Walaupun saat ini mereka masih sehat, orang-orang dengan salah satu risiko di atas memiliki kemungkinan yang jauh lebih tinggi untuk menderita berbagai penyakit berat di kemudian hari dibandingkan orang seusianya yang tidak memiliki faktor risiko.

Nah, disini air alkali memiliki peran memperbaiki kondisi yang sudah mulai abnormal, dan yang lebih krusial adalah: mampu dengan mudah, murah, efektif, dan efisien MEMPERTAHANKAN keadaan yang sudah kembali normal tadi dalam jangka panjang.

Hal ini sebelumnya SANGAT SULIT DICAPAI dengan metode pencegahan yang tersedia saat ini; seperti minum obat rutin, olahraga teratur, diet yang ketat, minum suplemen antioksidan setiap hari, kontrol dokter secara rutin, dan medical check-up secara teratur.

Air alkali yang baru diproduksi dari mesinnya juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang sangat melimpah sehingga mampu melindungi tubuh kita dan keluarga tercinta dari kerusakan harian yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Rick Hill, penulis buku best-seller “The Cancer Conundrum”, menulis,

“Inovasi kesehatan paling mutakhir adalah minum cairan yang terionisasi, yang dibuat bersifat menjadi lebih basa melalui elektrolisis.

Saya memiliki mesinnya dan minum air alkali secara teratur. Yang menarik adalah, kadar antioksidan dalam cairan ini sangat-sangat tinggi.”

Senada dengan beliau, sang pakar teknologi AS, Ray Kurzwell, pernah mengatakan,

“Ada lebih banyak manfaat air alkali dari hanya sekedar membasakan cairan tubuh. Hal terpenting yang dimiliki air alkali yang diproduksi mesin khusus adalah Potensial Oksidasi Reduksi (ORP) yang tinggi.

Yang memiliki kemampuan menetralisir radikal bebas. Mengkonsumsi air yang tepat sangat vital dalam proses detoksifikasi dan merupakan salah satu terapi kesehatan yang paling efektif.”

Efek akhir jangka panjang yang diharapkan dari konsumsi air alkali secara teratur setiap hari adalah mencegah terjadinya penyakit-penyakit berat di masa mendatang, mulai penyakit diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas, hingga penyakit kardiovaskuler, stroke, penyakit paru, berbagai jenis kanker, dan berbagai penyakit berat lainnya. Dan semua itu dapat dicapai tanpa harus banyak minum obat, dan tanpa harus sering berkonsultasi ke dokter.

Seorang penulis best seller berbagai buku kesehatan di Amerika, Dr. Susan Lark, MD, menulis, “Drinking 4-6 glasses of alkaline water a day can help the body againts the development of heart disease, stroke, immune dysfunctions, and other common ailments.”

(“Minum 4-6 gelas air alkali per hari dapat membantu tubuh melawan berkembangnya penyakit jantung, stroke, gangguan sistem imun, dan berbagai penyakit yang sering terjadi.”)

 

Manfaat air alkali untuk anak cucu kita
Tapi, manfaat terbesar dari air alkali justru akan diperoleh oleh mereka yang tubuhnya masih relatif bersih, belum banyak menderita penyakit, dan belum terpapar radikal bebas dalam waktu yang lama, yaitu anak-cucu kita.

Bila dibiasakan minum air alkali setiap hari, anak-cucu kita akan mendapat air dengan sifat-sifat seperti air zamzam, yang kaya antioksidan setiap hari selama puluhan tahun ke depan.

Selain memiliki kualitas hidup dan metabolisme energi yang lebih baik, risiko berkembangnya berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang berat bisa dicegah sedini mungkin, tanpa harus banyak minum obat dan tanpa harus sering berkonsultasi ke dokter.

Apapun makanannya, minumnya ya air Zam Zam.Jangankan untuk anak-anak normal, untuk anak-anak berkebutuhan khusus saja, cairan alkali ini terbukti sangat efektif.

Dr. Corinne Allen, seorang pakar autisme yang mengelola anak-anak berkebutuhan khusus lebih dari 30 tahun di kliniknya di Idaho AS mengatakan,

“Air Alkali mampu memberikan anak-anak dengan autisme antioksidan dalam jumlah yang besar, memperbaiki status hidrasinya, dan memperbaiki semua spektrum kelainan.

Ketika Anda menderita Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), migrain, vertigo, dan berbagai kelainan saraf lainnya, otak Anda mengalami pembengkakan dan sawar darah otak juga mengalami gangguan. Pada kondisi tersebut, air alkali adalah satu-satunya cairan yang dapat dengan sempurna melewati dan menghidrasi otak Anda.”

Jadi untuk kita dan pasangan kita, atau kedua orang tua dan mertua kita tercinta, manfaat minum air alkali secara teratur terutama adalah dari segi kesehatan. Tapi khusus untuk anak dan cucu kita, membiasakan mereka minum air alkali secara teratur setiap hari, bukan semata untuk kesehatan saja. Ini adalah INVESTASI JANGKA PANJANG SEUMUR HIDUP.

Dan tidak ada masalah bagi siapapun, termasuk anak-anak mulai usia satu tahun hingga manula di atas 100 tahun, untuk sekedar minum air (alkali) setiap hari. Mudah, murah, efektif, efisien. Sangat sederhana.

“Life is really simple. But we insist on making it complicated.” (Confusius).

Ray Kurzwell, Chief Enginer Google, yang pernah dinobatkan sebagai salah satu orang paling jenius di Amerika saat ini mengatakan,

“Mengkonsumsi air yang tepat sangat vital dalam proses detoksifikasi dan merupakan salah satu terapi kesehatan yang paling efektif.

Minum 8-10 gelas air alkali per hari merupakan CARA PALING SEDERHANA yang dapat Anda lakukan, namun sangat ampuh untuk memerangi berbagai proses penyakit.”

Revolusi di bidang kesehatan?
Prof. Felicia Drury Kliment, dari City College of City University of New York, yang aktif menulis di berbagai jurnal kedokteran terkemuka serta penulis best seller banyak buku kedokteran di Amerika, mengatakan,

“Setelah melalui percobaan klinis bertahun-tahun dengan hasil sangat positif yang saya lakukan pada beratus-ratus pasien menggunakan cairan alkali (electrolized alkaline water), saat ini merupakan pendapat profesional saya bahwa metode ini akan mengubah cara seluruh penyedia pelayanan kesehatan dan masyarakat luas dalam memandang dan mengelola kesehatan mereka di tahun-tahun mendatang.

Saran saya: minumlah air alkali setiap saat kapanpun Anda sempat.”

 

Pertanyaan di masyarakat


Apakah manfaat air alkali bohong?

air alkali hoaxHal ini masih menjadi perdebatan di beberapa kalangan masyarakat. Namun berdasarkan pendapat dari berbagai ahli, jurnal, buku yang sudah di tulis di atas kecil kemungkinan kalau manfaat air adalah bohong.

Selain itu seperti yang kita ketahui bersama ada air yang di anggap suci oleh umat islam yaitu air zamzam. Setelah dilakukan pengetesan nilai pH ternyata memiliki pH di atas 8.

Saya sebagai umat muslim tentu meyakinin bahwa air Zamzam merupakan air yang terbaik yang ada di dunia dan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Apabila air yang bersifat alkali tidaklah bermanfaat bagi tubuh, apa mungkin sang maha pencipta menciptakan air zamzam dengan sifat alkalinya hanya iseng semata. Tentunya tidak seperti itu ya.

Pasti ada hikmah dan pelejaran di balik itu semua.

Air alkali menyebabkan tubuh kelebihan basa?

Terdapat dua jenis air alkali yang ada saat ini. Pertama air alkali yang sifat alkali nya di hasilkan dari tambahan zat kimia (mineral alkali) dan juga air alkali yang sifat alkalinya di hasilkan dari peristiwa fisika seperti elektrolisis.

Air alkali yang menggunakan zat kimia memiliki kekurangan pada kandungan kimia nya yang dapat menambah komposisi kimia dalam tubuh sehingga dapat menjadikan tubuh kelebihan basa atau alkalosis. Hal ini memiliki efek yang tidak baik pada kesehatan tubuh

Sedangkan air alkali yang di buat menggunakan teori fisikia elektrolisis tidak membuat tubuh menjadi kelebihan basa (alkalosis) dikarenakan tidak adanya zat kimia tambahan yang ditambahkan pada air.

Oleh karena itu bagi anda yang ingin mengkonsumsi air alkali. Air alkali yang berasal dari alat elektrolisis lah yang aman bagi tubuh anda. Hal itu pun di kuatkan oleh anjuran dari Asosiasi terhadap pencegahan penyakit di Jepang untuk meminum air alkali ini.

Tetapi bagi anda yang belum memiliki alat penghasil air alkali dan ingin merasakan manfaat dari meminum air alkali, anda pun dapat membuat air alkali anda sendiri di rumah.

Bagaimana cara membuat air alkali?

Ada 2 cara untuk membuat air alkali. Yaitu air yang di tambahkan zat kimia dan juga air yang di proses menggunakan mesin ionisasi.

Lalu mana cara yang lebih baik?

Membuat air alkali membuat mesin ionisasi adalah cara terbaik saat ini,selain praktis juga karena mesin ionisasi yang banyak beredar di masyarakat Indonesia saat ini sudah memiliki sertifikasi yang sangat lengkap, jadi sangat aman untuk di konsumsi.

Sedangkan air alkali yang di buat menggunakan tambahan zat kimia (misalnya baking soda) dalam jumlah banyak dapat menambah kadar zat kimia dalam tubuh sehingga beresiko membuat tubuh menjadi kelebihan alkali.

Cara mengkonsumsi air alkali

Air ini di konsumsi sama seperti meminum air mineral biasa. Tetapi agar anda mendapatkan menfaat lebih besar anda dapat mengikuti panduan ini :

  • Di minum segera setelah di buka dari kemasan (apabila beli di pasaran)
  • Seminimal mungkin terkena udara secara lansung karena dapat menurunkan pH air dengan sangat cepat
  • Di sarankan utuk di minum setiap hari atau lebih baik mengganti air mineral anda sepenuhnya dengan air alkali
  • Sangat bagus untuk jadi bahan baku teh dan kopi agar asam pada minuman tersebut dapat lebih berkurang sehingga lebih ramah lambung

Bisnis air alkali


Kesampingkan dulu bahwa manfaat air alkali masih di perdebatkan sebagian orang. Melihat fakta yang ada di lapangan, tren air alkali memang terbukti meningkat.

Di mulai dari Kangen Water yang mempopulerkan genre air ini, lalu ada Milagros dan bahkan sekarang perusahaan besar pun ikut juga terjun ke bisnis air alkali.

Sebut saja Sinarmas dengan Pristine nya, lalu ada Kimia Farma yang baru meluncurkan produk nya bernama Hygio.

Artinya perusahaan besar pun melihat bisnis alkali sebagai bisnis yang potensional di masa depan

air alkali di indonesia
Air alkali di indonesia

Sekarang waktunya anda mengkonsumsi air alkali


Setelah membacanya hingga tuntas, masihkah Anda dan keluarga tercinta tetap minum air mineral biasa?

Pakar anti-aging, penulis buku Grow Youthful, Dr. David Niven Miller berpesan,

“Meningkatkan konsumsi dan kualitas air mineral (biasa) memang dapat memperbaiki kesehatan dan memegang peranan utama dalam penyembuhan hampir semua penyakit degeneratif.

Akan tetapi, air alkali lah yang memiliki berbagai efek jangka panjang yang bermakna karena mampu membuat tubuh Anda lebih basa dan menyediakan antioksidan yang efektif.”

Maka pastikan berikan diri dan orang-orang yang anda cintai air terbaik yang insya allah dapat membuat kesehatan tubuh jadi meningkat dan terhindar dari resiko terkena penyakit degeneratif.

 

Catatan

Artikel asli di tulis oleh dr.Andi Pratama dan di sunting oleh admin infokangenwater.id

Apabila anda menyukasi artikel ini anda boleh komen dan share agar semakin banyak orang yang mengetahui informasi ini.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here